Kamis, 05 September 2013

Toyota siap luncurkan mobil berbahan bakar hidrogen

  



 Menipisnya cadangan minyak bumi membuat parar produsen mobil dunia memutar otak mencari bahan bakar alternatif untuk produk masa depannya. toyota juga berpikir seperti itu. untuk itu, merek jepang ini berjanji untuk memproduksi massal mobil berbahan bakar hidrogen mulai 2015 mendatang.

        Mobil berbahan bakar fuel cell atau hidrogen itu kemungkinan akan di perlihatkan dalam bentuk konsep di tokyo Motor show di november mendatang.

      mobil ini akan mengambil model sedan yang seukuran dengan avensis. petinggi toyota menyebutkan mobil ini akan menjadi sedan mid-size empat pintu yang diharapkan akan mengikuti konsep toyota FCV-R yang ditampilkan di tokyo pada tahun 2011 silam.

     langkah ini membuat pertarungan mempersiapkan mobil hidrogen makin ketat. sebab beberapa produsen mobil seperti hyundai, BMW, dan honda telah bekerja menyempurnakan teknologi bahar bakar hidrogen selama bertahun-tahun.

        namun produsen-produsen ini lambat untuk mencapai pasar karena isu-isu seperti biaya, kemasan teknis yang berat dan kurangnya infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

      teknologi hidrogen menarik karena mampu menampilkan performa seperti mobil bensin tapi tanpa menghasilkan CO2, NOx atau partikulat berbahaya lainnya.
      toyota juga diketahui mengembangkan fuel cell hidrogen vehicle atau FCHV yang menggunakan versi modifikasi dari sistem hybrid synergy drive yag ditemukan di model hybrid seperti prius namun mesin bensinnya diganti dengan tangki hidrogen tekanan tinggi. motor listriknya masih sama dengan yang digunkan dengan prius standar.

   " ada dua isu terakhir yang diatasi. salah satunya adalah biaya produksi. pada saat ini, biaya kendaraan fuel cell sangat tinggi. saat kami sedang bekerja keras untuk mengurangi biaya produksi massal dan salah satu poin kami adalah mencoba untuk mengembangkan , komponen inti seperti fuel cell dan tangki hidrogen. kami melakukan hal itu sendiri" kata pejabat toyota satoshi ogiso.

"Masalah lainnya adalah bahwa tidak ada infrastruktur untuk pengisian bahan bakar kendaraan hidrogensaat ini"tukasnya.

      saat ini toyota membayangkan bahwa harga mobil hidrogen bila di jual masih akan berkisar diangka 70.000 pounds atau sekitar 1,1 miliar.

Namun toyota, menurut ogiso, berkomitmen untuk membuat mobil hidrogen terjangkau di masa depan. saat ini toyota telah memproduksi 100 kendaraan hidrogen untuk eksperimen.

Mobil tersebut didasarkan pada SUV highlander SUV dan disewakan kepada pihak yang berkepentingan di amerika serikat dan jepang. Ogiso mengungkapkan bahwa biaya sebenarnya dari masing-masing kendaraan berada di angka US$ 1 juta

0 komentar:

Posting Komentar