Maserati Granturismo MC Stradal

Maserati Granturismo MC Stradal adalah salah satu mobil sport kepunyaan pesepak bola pemegang piala ballon d or selama 4 kali berturut-turut, siapa? Lionel messi, baca selengkapnya di Top Accelerate

Nissan 370z

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Lamborghini Estoque

Estoque adalah mobil sport empat pintu. 4 pintu? baca selengkapnya di Top Accelerate

Jumat, 20 September 2013

cara membuat simulator game balap mobil sendiri



             Jika kamu mengaku gamers, terlebih game balap mobil, bohong jika belum pernah mendengar Racing Game Simulator. nah, selain kamu bisa nikamtin di game center, racing game simulator ini juga isa dibuat dirumah sendiri bro! dan caranya pun mudah. kamu hanya tinggal mengikuti guide yang Top Accelerate sajikan berikut ini, saya rasa cukup basa-basinya, So Let's Check This Out.

    
          Merancang Kokpit Simulator
             merancang kokpit sangatlah mudah, kamu bisa membuat rel dengan pipa besi dengan tebal 3-4cm, untuk menopang layar tv, lengkap dengan dudukan setir, transmisi dan pedal-setnya. "untuk buatnya bisa minta bantuan tukang las." untuk harga kurang lebih sekitar 300-600 ribuanlah.

Apa Saja Yang Kamu Butuhkan :
1. Game Simulator : untuk mendapatkan sensasi balap kelas satu, kamu memerlukan game simulator. peranti                          
                               ini terdiri dari setir, transmisi dan pedal set yang bekerja secara digital dan virtual.
                               Logitech G series (G25&G27) dan Thrustmaster merupakan game simulator yang bisa  
                               menjadi pilihan jitu. untuk harganya, berkisar antara Rp 1,6 juta (Logitech DFGT) Rp
                               2,3-3,3 jutaan (Logitech G Series) dan Rp 5,5 juta untuk Thrustmaster T500RS untuk
                               satu set game simulator lengkap beserta setir, transmisi, pedal set dan rangka
                               adjustable-nya. Fitur menarik dari game simulator ini adalah setir dengan sistem lock-to-
                               lock (putaran setir dari kiri ke kanan) dengan radius hingga 900 derajat. Sehingga,
                               "putaran setir pun layaknya setir mobil asli. kamu juga bisa menggunakan transmisi dan
                                pedal set digital, yang menyediakan perpindahan gigi ala paddle shift, atau tuas
                                perseneling dengan H-Pattern. ke semua driving simulator ini compatible dengan
                                Microsoft Xbox 360 atau Sony Playstation 3.

2. Layar TV      :       sementara untuk layar TV-nya, direkomendasikan menggunakan TV LCD dengan fitur
                                 minimal High Definition (HD), dengan resolusi gambar mencapai 720 Pixel. namun
                                 kalau ingin maksimal, kamu bisa memilih TV dengan layar berteknologi Full HD, yang
                                 memiliki resolusi gambar hingga 1080 pixel. harga TV LCD dengan fitur HD berkisar
                                 antara Rp 1,5-2,5 juta. sementara untuk TV dengan Full HD, antara Rp 2-6 juta,
                                 tergantung ukuran layarnya.

3. Jok Bucket    :        bisa menggunakan jok semi bucket buatan lokal yang memiliki harga lebih terjangkau,
                                  kalau ingin mendapatkan jok semi bucket yang murah tapi kuat tinggal beli di toko
                                  aksesoris atau tinggal ke penjual jok balap di kebon Sirih. sementara untuk rel joknya,
                                  bisa dipesan berikut dengan joknya. harga jok berserta rel berkisar antara Rp 800
                                  hingga 2,5 juta.

4. Tata Suara    :         untuk mendapatkan sensasi adrenalin yang pol, tata suara berspesifikasi Dolby Digital
                                   5.1 sistem ini menggunakan kombinasi dari speaker dan sebuah subwoofer.
                                   peletakan speaker bisa diposisikan sedekat mungkin dengan headrest, sisi layar dan                      
                                   bagian bawah. sehingga, menghasilkan kualitas suara lebih seru.

                                
              
Logitech G27                                                          Logitech DFGT

Sabtu, 14 September 2013

J.G. Parry Thomas : Meninggal Setelah Memecahkan Rekor Tercepat

          Pada tanggal 3 Maret 1927, J.G. Parry-Thomas mencoba memecahkan rekor tercepatyang sebelumnya berhasil dipecahkan oleh Malcolm Campbell di pantai yang sama, Pendine Sands. Ambisi pembalap mobil asal inggris ini memecahkan rekor tercepat memang berhasil dilakukan. Namun sayang, saat balapan tersebut Parry harus meregang nyawanya akibat terbelit rantai yang tiba-tiba masuk ke dalam mobil yang ia kendarai. Rekor tercepat yang ia bukukan saat itu 270 km/jam.

10 Kematian Paling Tragis dalam Sejarah Balap Mobil


1.     Scoot Kalitta , NHRA
        Scoot Kalitta adalah salah satu pembalap paling sukses dalam sejarah drag Amerika. Saat sesi kualifikasi di Oldbridge Township Racepark Park di New Jersey, menjelang akhir lintasan, mesin Scoot meledak dan berubah menjadi kobaran api. Parasut gagal membuka dan mobil berbelok melalui jebakan pasir (sand trap) sebelum menghantam dinding beton dengan kecepatan 480 km per jam.
     Setelah kematian scoot Kalitta, NHRA, selaku penyelenggara drag Amerika ini, untuk menigkatkan keamanan pembalap, memperpendek 300 meter semua lintasan balap dan memperpanjang jebakan pasir di ujung trek serta menambah kedalamannya
2.   Bruce Mclaren, Formula 1
       Meskipun ia tidak pernah memenangkan kejuaraan Formula 1, pembalap Selandia Baru ini memiliki karir balap yang menakjubkan. Dalam 100 karir balapnya, Mclaren menang empat kali dan naik podium 27 kali. Ia menduduki urutan kedua dalam klasmen akhir  pada tahun 1960. Ia juga mendirikan Bruce Mclaren Racing Ltd. Pada tahun 1963, yang saat ini dikenal sebagai tim Mclaren.
    Mclaren meninggal pada tahun 1970 pada kecelakaan di sirkuit Goodwood, Inggris. Saat itu, ia tidak sedang membalap, melainkan hanya menguji bodi baru mobil balapnya. Tim Mclaren F1 saat ini mungkin tidak akan sesukses saat ini, tanpa jasa-jasa dari pendirinya.


    3.   Ronald Ratzenberger, Formula 1
       Ronald Ratzenberger, pembalap Australia, meninggal saat menjalani kualifikasi di Imola tahun 1994. Ratzenberger sebernarnya merupakan pembalap pendatang baru. Saat melaju dengan kecepatan tinggi, tekanan yang kecang merobek sayap depan dari mobil. Sayap yang meluncur di bawah mobil membuat Ratzenberger hilang kendali di tikungan dan menabrak dinding pembatas dengan kecepatan 310 km pre jam.
        Tragisnya, pada hari berikutnya, saat sesi balapan, giliran Ayrton Senna meninggal. Dua kejadian ini menjadikan GP San Marino 1994 merupakan balapan paling kelam dalam sejarah Formula 1.


4.   Joe Weatherly, Nascar
      Weatherly adalah salah satu pembalap NASCAR yang sukse. Ia memenangkan 25 balapan dan kejuaraan berturut-turut selama dua belas tahun karirinya.
       Weatherly, saat mempertahankan juara seri, tewas pada tahun 1964 di Riverside International Raceway, lomba kelima pada musim itu. Kecelakaan terjadi saat mobilnya menabrak dinding pembatas. Saat itu, kepalanya keluar dari jendela samping dan hancur terbentur dinding. Ia pun meninggal seketika.
      Untuk mencegah kejadian serupa, dikembangkanlah jarring-jaring jendela. Yang sekarang umum digunakan di seri balap mobil stok di seluruh dunia. Sebagai penghormatan, di Riverside Speedway terukir batu nisannya.
 
5.   Eddie Sachs dan Dave MacDonald, Indianapolis Racing
      Eddie Sachs telah memenangkan banyak balapan di berbagai ajang balap mobil amerika, dan beberapa kali membalap di sirkuit Indianapolis 500.
       Sachs tewas setelah bertabrakan dengan Dave MacDonald pada putaran kedua di sirkuit Indianapolis 500 pada tahun 1964. Saat itu, mobil yang dikendarai MacDonald hilang kendali, menabrak dinding pembatas, dan  terbakar. Sachs yang berada di belakangya berusaha menghindari mobil MacDonald yang meluncur tak terkendali. Tapi usahanya sia-sia, kedua mobil pun bertabrakan keras dan menimbulkan ledakan. Sachs meninggal saat itu juga, sedangkan MacDonald meninggal saat di rumah sakit. Kecelakaan itu mengakhiri penggunaan bensin di Indianapolis, dan beralih ke methanol sejak tahun 1965.
6.   Mark Donohue, Formula 1/NASCAR
       Mark Donohue mungkin pembalap yang dikenal pada kejuaraan Can-Am tahun 1973. Saat itu, ia memenangkan seri balapan, kecuali satu balapan, dimana ia harus mengakhiri karirnya selama-lamanya.
       Donoue meninggal karena pendarahan setelah kecelakaan di Austria. Saat itu, sedang menguji mobilnya. Kerusakan pada ban membuat mobilnya meluncur ke pagar pembatas, dan kepalanya pun menghantam pos.




7.   Gilles Villenueve, Formula 1
       Gilles Villenueve adalah kebanggaan olahraga balap di kanada. Ia memenangkan dua kejuaraan sekaligus pada tahun 1976 di Formula Atlantik Amerika Serikat dan Kanada. Selama karir singkatnya di Formula 1, ia memenangkan enam balapan dan menduduki urutan kedua di klasmen akhir.   
        Pada tahun 1982, Villenueve menjalani kualifikasi di Gran Prix Belgia. Saat itu, laju mobilnya terhambat oleh sebuah mobil yang lebih lambat. Mobilnya pun meluncur ke udara dengan kecepatan 190-225 km per jam. Mobil terbanting ke trek dan berguling, sementara Villenueve terlontar ke udara dan menghantam pagar pembatas.

8.    Dale Earnhardt, NASCAR
         Dale Earnhardt adalah salah satu pembalap mobil NASCAR paling sukses dalam sejarah. Ia memenangkan 76 balapan dan 7 kejuaraan selama era paling kompetitif dan sulit.
         Pada tahun 2001, tahun dimana ia seharusnya pensiun, Dale Earnhardt harus benar-benar mengakhiri karirnya selama-lamanya.  Pada putaran akhir seri balap Daytona 500, Earnhardt di posisi ketiga. Saat berbelok di tikungan ketiga, mobil Earnhardt dipepet bemper belakangnya sehingga oleng dan menghantam dinding dengan kecepatan 250 km/jam. Kenny Schrader yang berada di belakangnya tidak dapat menghindari mobil Earnhardt, kemudian menghantam dan menyeretnya beberapa meter.
           Earnhardt dinyatakan meninggal hari itu akibat menghantam dinding. Setelah kecelakaan itu, banyak regulasi baru yang ditetapkan untuk meningkatkan keselamatan pembalapnya.
9.     Ayrton Senna, Formula 1
         Menurut jejak pendapat tahun 2009, dari 271 pembalap, ternyata Ayrton Sennalah yang ditunjuk sebagai pembalap terbesar sepanjang sejarah. Senna adalah juara dunia tiga kali dan memenangi Gran Prix Monaco enam kali.
          Kematian Senna terjadi pada tahun 1994 di Sirkuit Imola, San Marino, sehari setelah kematian Roland Ratzenberger. Kejadian ini berawal di lap ke-5 ketika Ayrton Senna memimpin di atas mobil Williams-Renault. Mobil Senna tampak kurang baik saat mengawali start di posisi pertama. Saat itu, mobil Senna keluar trek saat memasuki tikungan, kemudian menghantam dinding pembatas dengan kecepatan 220 km/jam.
           Dua jam usai lomba berakhir (yang dimenangkan oleh Michael Schumacher), dokter mengumumkan Ayrton Senna sudah tiada. Daignosa dokter menyimpulkan Senna menglami pendarahan hebat di kepala akiibat benturan.
10.     Pierre Levegh dan 83 penonton, Le Mans
               Pierre Levegh, seorang pembalap Mercedes Benz, membayangi pemimpin lomba setelah dua jam melaju pada 24 Hours of Le Mans Race tahun 1955 di Le Mans, Prancis. Sebuah mobil yang lambat menghalangi jalan. Mobil yang memimpin lomba mampu menghindarinya, namun tidak demikian dengan Levegh. Dia bertabrakan dengan mobil itu dan membuat tabrakan beruntun di belakangnya.
                Levegh terpental ke udara dengan kecepatan 240 km/jam dan menghantam gundukan tanah di sebelah kiri penonton. Bagian-bagian mobil, termasuk garden dan kap, terbang ke kerumunan penonton. Tangki bahan bakar pecah dan meledak mengenai banyak penonton. Pada hari itu, 83 penonton tewas dan 120 lainnya luka-luka.
                   Akibat kecelakaan hebat ini, pemerintah Jerman, Swiss, Prancis, Spanyol, dan Negara-negara lain langsung melarang ajang balap mobil, sampai lintasan balap mempunyai standar keaman yang lebih tinggi. 

Jumat, 13 September 2013

L'automodule : Mobil Bulat yang Unik era '70-an'



                      Kendaraan unik ini hanya ada di tahun 1970-an, itu pun tidak semua negara. kendaraan ini hanya ada di negara Prancis dan beberapa negara disekitarnya. Nama kendaraan ini ialah L'automodule, diciptakan oleh insinyur Prancis yang bernama Jean Pierre Ponthieu.

                     Bentuk Kendaraan ini sangat unik. Bentuknya seperti bola dengan rongga di bagian dalam dan ditopang oleh empat rongga dengan tiang sangga setinggi 75 cm sehingga terpintas bentuknya seperti robot. kendaraan unik ini dapat menampung hingga 3 orang.

                       walaupun bentuknya unik, kendaraan ini memiliki teknologi yang canggih untuk ukuran mobil tahun 1970-an. kendaraan ini mempunyai sistem hydraulic transmission dan didukung dengan two-stroke engine yang memungkinkan kendaraan ini dapat melaju hingga kecepatan 40 km/jam. namun, sekarang kendaraan ini sudah tidak diproduksi, mungkin karena bentuknya yang aneh atau mungkin tidak ada perusahaan yang mau memproduksinya secara masal. Sekarang hanya ada beberapa orang di prancis yang masih memilikinya.


Porsche Semper Vivus : Mobil Hybrid Pertama di Dunia

        Mobil ini dinamai Semper Vivus (artinya tetap hidup). mobil ramah lingkungan ini dibuat sejak tahun 1900. ketika itu, Ferdinand Porsche memperlihatkan sebuah mobil listrik yang keempat rodanya digerakkan dengan motor listrik. mobil ini menggunakan sistem penggerak semua roda (all wheel drive) dengan Four-wheel Brakes yang juga pertama kali digunakan di dunia.

        Dimensi mobil ini adalah 3.390 x 1.880 x 1.850 mm dengan berat 1,7 ton. jarak sumbu roda (wheel-base) mobil ini adalah 2.320 mm dengan ground clearance 250 mm. sementara itu dapur pacunya, terselip dua buah Single cylinder De Dion-Bouton combution engine dipadu motor listrik di setiap kakinya. untuk mesin konvensionalnya. mobil ini mampu melahirkan 2,5 tenaga kuda dari setiap silinder. sementara mototr listriknya mampu memproduksi 2,7 tenaga kuda per-roda. dengan kekuatan seperti itu, mobil hybrid pertama di dunia ini mampu berlari dengan kecepatan puncak 35 per jam dan memjelajah sejauh 200 km.

Jumat, 06 September 2013

21 balapan dalam rancangan kalender F1 2014



           Rancangan kalender F1 2014 telah dirilis. dalam jadwal yang belum resmi itu musim 2014 menyertakan 21 balapan, dengan tiga diantaranya masih menanti konfirmasi.

           seperti diberitakan Crash, ada tiga balapan baru yang masuk di rancangan yakni di Austria, Rusia, dan Meksiko. dua yang disebut terakhir masih menunggu konfirmasi. balapan di korea dalam rancangan itu juga disebut masih menanti konfirmasi.

            New Jersey yang sekitar 12 bulan lalu di tunda sampai 2014 dan terus menjadi bahan spekulasi, justru sama sekali tidak ada dalam rancangan tersebut kendati pun baru pekan lalu Leo Hindrey Jr. selaku pihak penyelenggara menyatakan keyakinannya.

       sementara itu india, sebagaimana sudah dikabarkan pada bulan juli lalu, absen dari musim balap 2014 dan akan kembali pada musim 2015.

      Berikut rancangan kalender F1 2014 secara lengkap :
Maret 16 Australia Melbourne
Maret 23 Malaysia sepang
April 6 China Shanghai
April 13 Korea Yeongham
April 27 Bahrain Sakhir
Mei 11 Spain Catalunya
Mei 25 Monaco Monte Carlo
Juni 8 Canada Montreal
Juni 22 Austria Red Bull Ring
Juli 6 Britain silverstone
Juli 20 Germany Hockenheim
Juli 27 Hungary Budapest
Agustus 24 Belgium Spa Francorchamps
September 7 Italy Monza
September 21 Singapore Maria Bay
Oktober 5 Japan Suzuka
Oktober 19 Russia Sochi
Oktober 26 Abu Dhabi Yas Marina
November 9 Mexico Mexico City
November 16 United States Austin
November 30 Brazil Sao Paulo

      *menanti konfirmasi lintasan dan atau kontrak dengan FOM

Mobil Mclaren di masa depan akan gunakan sistem Android

\
  
Satu lagi terobosan yang dilakukan oleh pabrikan mobil super, Mclaren adalah menyematkan sistem android pada fitur entertainmentnya pada kendaraannya di masa yang akan datang.

      Di mclaren MP4-12c model lama sistem entertainmentnya menggunakan IRIS. Tapi kebanyakan pelanggan tidak suka dengan sistem operasi tersebut. maka dari itu, mclaren ingin mengubahkan dengan menggunakan sistem operasi android.

      hal itu juga dikarenakan karena android itu sendiri sifatnya open source, sehingga dalam pengoperasiannya bisa leih mudah dan praktis.
  
     Sistem  operasi IRIS ini merupakan sistem yang cukup mahal, tapi tidak didukung dengan penggunaan yang mudah. IRIS memiliki layar sentuh yang sulit karena tombolnya, memiliki respon yang lama. kejadian seperti itulah yang sering dikeluhkan oleh pengguna Mclaren.
  
    dengan menggunakan sistem android maka IRIS ini akan mendapatkan penyegaran pada head unit baru, layar sentuh yang jauh lebih mudah dan respon yang cepat.

     Selain itu, sistem entertainment android juga akan dilengkapi dengan bluetooth audi streaming, dan fitur hotspot yang semakin memudahkan pengguna Mclaren dalam berinternet serta tune-in radio dan prakiraan cuaca.

Inilah Daftar Calon Car of the year Tahun 2014

       pemilihan mobil terbaik memang selalu menarik untuk di ikuti. meski masih 2013, persiapan untuk memilih mobil terbaik 2014 sudah dimulai. Inilah daftar finalis mobil terbaik 2014.

   Di eropa, ada sebuah lembaga yang berisi 58 juri dari  22 negara eroa yang memilih mobil terbaik menurut mereka. dewan juri ini dipilih karena kompetensi pribadi mereka, bukan seberapa besar media tempat mereka bertugas.

      Juri pun sudah berkumpul dan mengumumkan daftar sementara calon untuk penghargaan Car of the Year 2014. ada 30 kendaraan telah dipilih untuk tahun 2014, dengan daftar akhir akan dirilis pada november.

     nanti akan dipilih tujuh finalis yang akan diumumkan pada pertengahan desember 2013, sementara pemenang akan diresmikan pada Geneva Motor Show yang dijadwalkan digelar pada tanggal 3 maret 2014

       menurut situs resmi caroftheyear.org, semua calon mobil terbaik harus merupakan kendaraan baru yang akan dijual sekarang atau sebelum akhir tahun di lima atau pasar besar eropa, dan masing-masing prospek setidaknya 5.000 penjualan per tahun.

   Berikut daftar calon mobil terbaik 2014 menurut abjad produsennya :

1. BMW 4 series
2. BMW i3
3. BMW X5
4. Citroen C4 Picasso
5. Ford EcoSport
6. Ford Kuga
7. Hyundai i10
8. Jaguar F-type
9. Kia Carens
10. Range rover Sport
11. Lexus IS
12. Maserati Ghibli
13. Mazda3
14. Mercedes-benz-s-class
15. Mitsubishi Space Star
16. Nissan Note
17. Opel Cascada
18. Peugeot 2008
19. Peugeot 308
20. Porsche Cayman
21. Renault Captur
22. Renault Zoe
23. Seat Leon
24. Skoda Octavia
25. Subaru Forester
26. Suzuki SX4
27. Tesla Model S
28. Toyota Auris
29. Toyota Corolla
30. Toyota RAV4

Kamis, 05 September 2013

Porsche : Masih terlalu Muda untuk bermain Hybrid

        

  Porsche indonesia masih belum tertarik untuk memasarkan mobil hybrid di indonesia. porsche masih fokus pada mobil-mobil bensin berforma yang di jual di tanah air.

"Stable for hybrid, pasti akan tapi bukan sekarang. Awarness for electric car, indonesia pasar mesin bensin" kata general manager PT Uerokars Artha Utama, Christoph Choi di Jakarta.

       Untuk sementara ini, porsche indonesia belum ada rencana memasarkan mobl hybrid meski merek lain sudah mulai menawarkan mobil mesin ganda. "Porsche hybrid, soon atau nanti kita belum tau. saat ini fokus mesin bensin" paparnya. "indonesia untuk mesin bensin. kalau hybrid belum dan mobil listrik belum terlalu mengemuka" yakin Choi.

     diketahui pabrik asal jerman ini punya beberapa model hybrid salah satunya porsche panamera S E- Hybrid yang di sokong mesin V6 3.0 liter bertenaga 328 Hp dan 324 Nm. dan motor listriknya bertenaga 94 bhp dan torsi 228 Nm.

       ketika dua mesin ini bekerja bersama-sama akan melontarkan tenaga 410 hp pada 5000 rpm dan torsi 435 Nm antara 1.250 - 4.000 rpm. mesin bensin dan motor listrik ini menyalurkan tenaga ke roda belakang.
begitu juga dengan mesin diesel. porsche indonesia belum akan mencoba memasarkan porsche diesel di indonesia. padahal, sudah ada 10 varian porsche yang di sokong mesin diesel.

Toyota siap luncurkan mobil berbahan bakar hidrogen

  



 Menipisnya cadangan minyak bumi membuat parar produsen mobil dunia memutar otak mencari bahan bakar alternatif untuk produk masa depannya. toyota juga berpikir seperti itu. untuk itu, merek jepang ini berjanji untuk memproduksi massal mobil berbahan bakar hidrogen mulai 2015 mendatang.

        Mobil berbahan bakar fuel cell atau hidrogen itu kemungkinan akan di perlihatkan dalam bentuk konsep di tokyo Motor show di november mendatang.

      mobil ini akan mengambil model sedan yang seukuran dengan avensis. petinggi toyota menyebutkan mobil ini akan menjadi sedan mid-size empat pintu yang diharapkan akan mengikuti konsep toyota FCV-R yang ditampilkan di tokyo pada tahun 2011 silam.

     langkah ini membuat pertarungan mempersiapkan mobil hidrogen makin ketat. sebab beberapa produsen mobil seperti hyundai, BMW, dan honda telah bekerja menyempurnakan teknologi bahar bakar hidrogen selama bertahun-tahun.

        namun produsen-produsen ini lambat untuk mencapai pasar karena isu-isu seperti biaya, kemasan teknis yang berat dan kurangnya infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

      teknologi hidrogen menarik karena mampu menampilkan performa seperti mobil bensin tapi tanpa menghasilkan CO2, NOx atau partikulat berbahaya lainnya.
      toyota juga diketahui mengembangkan fuel cell hidrogen vehicle atau FCHV yang menggunakan versi modifikasi dari sistem hybrid synergy drive yag ditemukan di model hybrid seperti prius namun mesin bensinnya diganti dengan tangki hidrogen tekanan tinggi. motor listriknya masih sama dengan yang digunkan dengan prius standar.

   " ada dua isu terakhir yang diatasi. salah satunya adalah biaya produksi. pada saat ini, biaya kendaraan fuel cell sangat tinggi. saat kami sedang bekerja keras untuk mengurangi biaya produksi massal dan salah satu poin kami adalah mencoba untuk mengembangkan , komponen inti seperti fuel cell dan tangki hidrogen. kami melakukan hal itu sendiri" kata pejabat toyota satoshi ogiso.

"Masalah lainnya adalah bahwa tidak ada infrastruktur untuk pengisian bahan bakar kendaraan hidrogensaat ini"tukasnya.

      saat ini toyota membayangkan bahwa harga mobil hidrogen bila di jual masih akan berkisar diangka 70.000 pounds atau sekitar 1,1 miliar.

Namun toyota, menurut ogiso, berkomitmen untuk membuat mobil hidrogen terjangkau di masa depan. saat ini toyota telah memproduksi 100 kendaraan hidrogen untuk eksperimen.

Mobil tersebut didasarkan pada SUV highlander SUV dan disewakan kepada pihak yang berkepentingan di amerika serikat dan jepang. Ogiso mengungkapkan bahwa biaya sebenarnya dari masing-masing kendaraan berada di angka US$ 1 juta